Jember

Atasi Kelangkaan Darah, PMI Jember Data Pemilik Darah RH negatif

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Darah dengan Rhesus (RH) negatif adalah golongan darah yang sangat sulit ditemukan karena sedikitnya orang memiliki golongan darah tipe ini.

Guna memastikan stok darah RH negatif tersedia saat dibutuhkan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember mengaku telah memiliki daftar nama-nama pendonor darah golongan minoritas itu.

Baca Juga. Sidak Jelang Natal Dan Tahun Baru, TKP2M Jember Temukan Makanan dan Minuman Kadaluarsa

Wakil Ketua PMI Kabupaten Jember, Abdul Rochim menerangkan, dengan menyimpan daftar nama-nama pendonor darah RH negatif maka saat dibutuhkan sewaktu-waktu, mereka bisa dengan mudah dihubungi.

“Namun, jika ternyata para pendonor darah tersebut telah diambil darahnya, tetapi masih ada lagi yang membutuhkan kami akan usahakan,” katanya.

Sehingga, lanjut Rochim, saat pendonor RH negatif di Jember sudah tidak bisa lagi diambil darahnya, maka PMI akan menghubungi Surabaya, Bali atau Jakarta untuk meminta bantuan.

Baca Juga. 100 Kali Menjadi Pendonor Darah, Lima Warga Jember Menerima Penghargaan Satyalancana dari Presiden RI

Diakui Rochim jika kepedulian orang untuk membantu menyelamatkan hidup sesama dengan donor darah sangat tinggi, bahkan pernah terjadi darah dengan RH negatif dikirim langsung dari Australia menggunakan pesawat untuk membantu pasien di Jember.

“Jadi, Jika tidak tersedia barulah meminta bantuan ke negara lain,” ujarnya.

SUPIANIK

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Panwaskab Jember Prediksi, Tingkat Kerawanan Saat Pemilihan Gubernur Tak Setinggi Pemilihan Bupati - Radio Bintang Tenggara Banyuwangi

  2. Pingback: Peduli Masyarakat Kulon Progo, Mahasiswa Jember Gelar Aksi Solidaritas - Radio Bintang Tenggara Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top