Komisioner KPUD Jember Ahmad Hanafi saat dikonfirmasi terkait kesiapan KPUD Jember untuk memfasilitasi penyandang disabilitas. (Foto. Supianik)

Tingkatkan Jumlah Pemilih dalam Pilgub, KPUD Siapkan Strategi

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Partisipasi politik masyarakat di Kabupaen Jember dinilai masih cukup rendah, bahkan berdasarkan hasil pemilihan Bupati 2015 masuk sebagai 5 daerah dengan tingkat partisipasi terendah.

Hal itu menjadi tantangan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jember untuk bisa meningkat partisipasi masyarakat untuk memilih dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) mendatang.

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat KPUD Jember, Ahmad Hanafi menjelaskan,  tingkat pemilih sendiri dipengaruhi berbagai macam variabel.

Baca Juga. KPUD Jember Minta Masyarakat Waspadai Praktek Kampanye Hitam Saat Pilkada

Salah satunya sejauh mana calon dapat menarik simpati masyarakat. “Banyaknya calon yang berpartisipasi merupakan variabel yang paling dominan dalam menarik minat masyarakat untuk memberikan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” katanya.

Meski begitu KPUD Jember terus berupaya meningkatkan jumlah pemilih. Seperti sosialisasi yang dilakukan oleh KPU dalam Pencocokan data Pemilih  pada 20 Januari nanti.

Menurut Hanafi, target utama dalam sosialisai kali ini adalah pemilih keluarga, sehingga  seluruh petugas Panitia Pencocokan Data Pemilih (PPDP) diwajibkan untuk melakukan edukasi dan memberikan informasi seputar pemilu kepada setiap keluarga yang ia datangi.

Baca Juga. Tempurejo di Landa Banjir, Masyarakat Sekitar Diungsikan

Setelah sosialisasi gencar dilakukan, Hanafi menerangkan, tinggal selanjutnya sejauh mana tingkat kesadaran dari masyarakat sendiri. “Guna  memberikan pilihannya demi Jawa Timur lima tahun yang akan datang,” ujarnya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *