Anggota Bawaslu Jember, Divisi Organisasi dan SDM, Devi Aulia Rahim. (Foto. Supianik)

1.337 Orang Mendaftar Sebagai Pengawas TPS di Jember

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Terhitung dari tanggal 11 hingga 21 Februari 2019 nanti,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember membuka pendaftaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hingga Rabu (13/2/2019) sudah ada 1.337 orang yang mendaftarkan diri sebagai calon Pengawas TPS.

Anggota Bawaslu Jember, Divisi Organisasi dan SDM, Devi Aulia Rahim mengatakan, jumlah pendaftar saat  ini baru sekitar 17,5 persen dari 7.666 orang yang dibutuhkan. “1.337 pendaftar tersebut berasal dari perekrutan di 23 Kecamatan di Jember,” katanya.

Selanjutnya, sebut Devi, untuk update perkembangan pendaftar akan dilakukan setiap hari. Ini sebagai bentuk pengawasan terhadap daerah-daerah rawan dan minim peminat. Devi mencontohkan, di daerah-daerah terpencil cukup susah mencari pengawas TPS, apalagi dengan syarat berumur 25 tahun dengan pendidikan minimal SMA.

Devi menargetkan pendaftar Pengawas TPS minimal 15 ribu orang atau dua kali lipat dari jumlah kebutuhan yang mencapai 7.666 sesuai jumlah TPD di Kabupaten Jember. Karena nantinya akan ada seleksi kepada pendaftar untuk mendapatkan pengawas yang sesuai kualifikasi.

Bila sampai hari terakhir pendaftar tidak memenuhi target, maka Bawaslu Jember akan membuka pendaftaran kembali selama 3 hari. “Bila di satu desa kekurangan pengawas maka bisa diambilkan dari desa sebalahnya dengan sepengetahuan perangkat desa setempat,” ujarnya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *