sidak pasar yang dilakukan untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok (Foto:Supianik/RBT)

Ketersediaan Kebutuhan Pokok di Jember Selama Ramadan dan Idul Fitri Aman

Radiobintangtenggara.com, Jember – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember memastikan pasokan kebutuhan pokok selama Ramadan dan Idul Fitri tercukupi. Pihaknya bersama tim satgas pangan juga terus melakukan sidak pangan untuk melakukan pengawasan dan pemantauan harga selama Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri nanti.

Plt Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember, Indah Dwi Budi Artini menjelaskan, persediaan kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, tepung terigu, telur, daging sapi dan daging ayam dipastikan aman.

Indah menerangkan, minggu lalu menjelang Ramadhan pihaknya sudah melakukan sidak pangan ke pasar-pasar tradisional terkait harga kebutuhan pokok yang naik, khususnya komoditi bawang merah dan bawang putih yang sempat naik. Pihaknya juga sudah medatangi distributor komoditas tersebut untuk melakukan pengawasan harga. Dari hasil sidak, didapati harga kedua komoditas tersebut saat ini sudah turun.

Selama Bulan Ramadan ini, pihaknya akan melakukan sidak pangan ke pasar-pasar sebanyak empat kali. Di samping itu, untuk mengantisipasi lonjakan harga komoditas tertentu seperti daging ayam, pihaknya juga terus melakukan tindakan persuasif  kepada para pedagang agar tidak mempermainkan harga menjelang Hari Raya.

Selain itu, Indah menghimbau kepada masyarakat agar membeli kebuthan pokok secukupnya, untuk mencegah tindakan penimbunan kebutuhan pokok. Menurut Indah, pihaknya sudah memasang sejumlah banner mengenai larangan tindakan penimbunan, dan apabila ditemukan maka akan ada sanksi pidana yang dikenakan sesuai aturan yang berlaku. (*)

Supianik

About admin

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *