Pengandilan Jember Kelas 1 A. (Foto. Supianik)

Terdakwa Kasus Pembunuhan di Ledokombo Kembali Jalani Sidang

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Terdakwa Busani (45) dan Bahar Mario (27) menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Jember, Kamis (4/6/2020). Ibu dan anak ini merupakan terdakwa kasus pembunuhan Surono di Kecamatan Ledokombo beberapa waktu lalu. Sidang kedua terdakwa ini digelar secara online melalui video call.

Meskipun digelar bersamaan, sidang tersebut memiliki dua agenda berbeda. Untuk Busani, agendanya pembacaan nota pembelaan atas tuntutan yang sudah dibacakan jaksa sebelumnya. “Sedangkan Bahar agendanya baru pembacaan tuntutan dari jaksa. Sebab, pada sidang pekan lalu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih belum siap membacakan tuntutan,” kata Fery Sagria, Pengacara Busani sekaligus Bahar.

Busani yang merupakan istri dari korban Surono, dituntut hukuman 10 tahun penjara. Sedangkan Bahar yang merupakan anak dari Surono, dituntut hukuman 20 tahun penjara.

Saat dikonfirmasi, pengacara Busani sekaligus Bahar, Fery Sagria membenarkan hal tersebut. Meskipun dituntut 20 tahun, secara fakta di persidangan, Bahar tidak pernah mengaku dan tidak terbukti sebagai pelaku pembunuhan. Selain itu, dalam tuntutan JPU, Bahar tidak disebutkan sebagai pelaku, melainkan tertulis ikut serta.

Sidang lanjutan akan dilaksanakan pada Kamis (11/6/20) mendatang. Pada sidang berikutnya, agenda terdakwa Busani adalah pembacaan tanggapan JPU atas pembelaan dari penasehat hukum (replik). “Sedangkan untuk terdakwa Bahar, agendanya membacakan pembelaan atau pledoi melalui penasehat hukumnya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pembunuhan sadis oleh ibu dan anak yang dilakukan kepada korban Surono terjadi pada bulan Maret 2019. Pembunuhan dilakukan di rumah Surono, Dusun Juroju, Desa Sumbersalak Kecamatan Ledokombo, Jember. Surono tewas karena pukulan linggis seberat 10 kg. Jasadnya dikuburkan serta dicor di halaman belakang rumahnya.

SUPIANIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *