Kegiatan Pertamina. (Foto. Istimewa)

Libur Tahun Baru Konsumsi BBM Berubah

Radiobintangtenggara.com, SURABAYA – Konsumsi energi (Bahan Bakar Minyak / BBM dan Liquified Petroleum Gas / LPG) di daerah tujuan wisata pada masa-masa liburan biasanya akan berubah, seiring dengan bertambahnya jumlah wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang, termasuk di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 memberikan jeda bagi masyarakat dari aktivitas rutin dan memanfaatkan waktu untuk berlibur bersama keluarga. Pertamina Marketing Region Jatimbalinus memastikan layanan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), Pertashop, Agen dan Pangkalan LPG Pertamina siap siaga untuk menyalurkan energi bagi masyarakat yang berwisata.

Direktur Pemasaran Korporat dan Niaga Pertamina Patra Niaga, Hasto Wibowo bersama dengan Komisaris Pertamina Patra Niaga, Anwar meninjau kesiapan sarana dan prasarana distribusi energi di salah satu destinasi wisata, Lombok, NTB dalam mendukung penyediaan dan penyaluran pasokan BBM dan LPG selama libur penghujung Tahun 2020.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kekalik, Jl. Majapahit Kota Mataram. Tim melihat kesiapan digitalisasi SPBU. Juga memastikan kesiapan sarpras distribusi BBM. Hasto memberikan semangat dan dukungan kepada para operator SPBU, dengan membawa bingkisan dalam rangka Hari Raya Natal.

Lokasi berikutnya yang ditinjau Pertashop Jl. R.A Kartini Lingkungan Monjok Geria, Kota Mataram. Di lokasi ini Hasto memberikan apresiasi kepada pelanggan yang sudah memilih bertransaksi secara contactless melalui aplikasi MyPertamina.

Hasto menambahkan, pelanggan yang sudah memahami kenyamanan dan keamanan transaksi secara contactless nantinya akan membagikan pengalaman tersebut ke pelanggan lain, menurutnya hal itu perlu apresiasi. Dalam kunjungan ini, rombongan juga memastikan kesiapan transportasi BBM di Integrated Terminal (IT) Ampenan.

Dalam rangka mengoptimalkan layanan, Awak Mobil Tangki (AMT) juga harus senantiasa dalam kondisi fit, termasuk armada yang digunakan juga dalam keadaan laik dan layak. Sementara Khusus untuk destinasi wisata di Jatimbalinus, Ketut menyampaikan, pada Minggu lalu (27/12), tercatat angka rata-rata konsumsi harian BBM pada masa Satgas Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi sedikit perubahan jika dibandingkan dengan penyaluran harian pada masa normal.

Ketut menambahkan di Bali, BBM jenis Gasoline sedikit bertambah (4 persen ke angka 2.143 KL per hari) begitu juga dengan BBM jenis Gasoil (6 persen menjadi 471 KL per hari). Di wilayah Pulau Lombok, NTB, terjadi penambahan penyaluran BBM Gasoline sebesar 15 persen (1.023 KL per hari), dan BBM Gasoil sebesar 4 persen (262 KL per hari).

Untuk Prov. NTT, khususnya di Labuan Bajo, permintaan produk BBM Gasoline stabil di angka 881 KL per hari dan Produk BBM Gasoil turun hingga 13 persen, menjadi 360 KL per hari.

Muhammad Handoyo

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *