Tanggal 13 September Memperingati Hari Apa? Berikut ini Daftarnya

BINTANG TENGGARA – Ada beberapa peringatan penting pada tangal 13 September. Tahun ini tanggal 13 September 2023 jatuh pada hari Rabu. Cukup banyak perayaan di tanggal ini, baik di peringatan Nasional maupun Internasional. Berikut beberapa peringatan di tanggal 13 September.

Hari Berpikir Positif (Positive Thinking Day)

Hari Berpikir Positif dirayakan setiap tanggal 13 September untuk menyoroti manfaat dari berpikir positif. Hari Berpikir Positif yaitu tentang pentingnya menerapkan berpikiran positif dalam keseharian.

Untuk diketahui, penelitian menyebut bahwa salah satu cara untuk memperpanjang usia dengan kebahagiaan dan optimisme. Jadi, pada Hari Berpikir Positif ini dan hari-hari lainnya, mulai melatih diri untuk selalu bersikap positif dan melihat sisi positif dalam setiap situasi.

Hari Programmer atau Programmers Day

Tanggal 13 September juga diperingati sebagai Hari Programme. Hari ini sebagai perayaan untuk menghormati para programmer dan inovator yang membuat hidup kita lebih mudah dengan berinovasi dan mendesain program.

Programmers Day menjadi penghargaan tertinggi kepada para programmer di seluruh dunia atas jasanya. Hampir semua orang di dunia modern mendapatkan manfaat dari layanan programmer. Baik itu keuagan, transportasi, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya. Pemrograman sangat penting untuk kelancaran setiap layanan.

Hari Paman Sam atau Uncle Sam Day

Hari Paman Sam diperingati pada tanggal 13 September setiap tahunnya untuk memperingati sosok pria di balik gambar ikonik yang identik dengan pemerintah Amerika Serikat.

Presiden George HW Bush yang mendeklarasikan tanggal 13 September sebagai Hari Paman Sam pada tahun 1989. Hal ini juga dilakukan untuk menghormati hari kelahiran Samuel Wilson. Tanggal 13 September bertepatan dengan perayaan dua abad Kota Troy, New York di mana Wilson tinggal dan bekerja. Julukan Paman Sam lantas melekat pada pemerintah Amerika Serikat pada tanggal 13 September 1766.(2)

Hari Cokelat Internasional

Perayaan lain pada 13 September adalah Hari Cokelat Internasional. Hari istimewa ini dirayakan oleh para pecinta cokelat.

Sekitar 4.000 tahun yang lalu setelah memlai debutnya, saat ini cokelat dapat ditemukan di mana-mana. Sejarah cokelat dapat ditelusuri hingga tahun 450 SM, yang berasal dari Mesoamerika, yang sekarang dikenal sebagai Meksiko. Kata “cokelat” berasal dari bahasa Nahuatl, “chocolatl,” yang berarti “air panas” dan bahasa Aztec, “xocoatl,” yang berarti “air pahit.”

Pada abad ke-20, cokelat masih dinikmati di seluruh dunia, dalam berbagai macam rasa dan formula yang menarik. Kakao sekarang ditanam dan diekspor dari lebih dari lima puluh negara, dengan jumlah lebih dari 4,7 juta ton per tahun.(2)

Itulah daftar beberapa hari yang diperingati pada tanggal 13 September, baik peringatan nasional maupun internasional.***

About Zefya Rany

Check Also

Penanganan Kekerasan di Lingkungan Sekolah

BINTANG TENGGARA – Setiap anak berhak mendapatkan pendidikan dalam lingkungan yang aman dan nyaman. Kementerian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *