Jateng Terima Penghargaan Insentif Fiskal Atas Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem

BINTANG TENGGARA – Berkat pencapaian kinerja yang baik dalam menurunkan angka kemiskinan ekstrem Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan insentif fiskal senilai 5,79 miliar rupiah atas kinerjanya dalam penghapusan kemiskinan ekstrim.

Penghargaan diserahkan Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin kepada Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana pada acara Rapat Koordinasi Nasional dan Penyerahan Insentif Fiskal, Kategori Kinerja Penghapusan Kemiskinan Ekstrem Tahun Berjalan 2023 di Istana Wakil Presiden, Kamis 9 November 2023.

Nana menyampaikan upaya percepatan penanggulangan kemiskinan akan terus digenjot hingga akhir tahun 2024. Caranya dengan mengintervensi delapan komponen sasaran yaitu RTLH, listrik, sumber air, jamban, stunting, anak tidak sekolah, disabilitas, dan individu tidak bekerja.

Pendanaan untuk melakukan intervensi tersebut tidak hanya mengandalkan anggaran negara. Pemerintah Provinsi Jateng juga melibatkan pihak swasta, lembaga amil zakat, dan masyarakat.

Sementara itu Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin menekankan pimpinan daerah memiliki peran krusial dalam menyusun program dan kegiatan serta keberpihakan anggaran daerah untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Apalagi, waktu untuk menuju target nol persen kemiskinan ekstrem hanya tersisa satu tahun. Untuk itu, dibutuhkan kolaborasi dan kerjasama, kerja keras seluruh pemangku kepentingan. Kerja aktif seluruh kepala daerah menjadi prasyarat mutlak, tercapainya target penurunan kemiskinan ekstrem.***

About Willy Latuheru

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *