Daftar Pemenang Anugerah Penyiaran KPID Jatim 2023

BINTANG TENGGARA – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Timur usai menyelenggarakan Malam Puncak Anugerah Penyiaran Tahun 2023, Rabu malam (06/12). Anugerah Penyiaran merupakan salah satu bentuk apresiasi KPID Jawa Timur kepada lembaga penyiaran lokal yang sudah berkontribusi untuk menghadirkan siaran yang berkualitas.

Malam Puncak Anugerah Penyiaran KPID Jawa Timur ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak. Emil mengucapkan selamat atas terselenggaranya Anugerah Penyiaran KPID Jawa Timur Tahun 2023.

Emil menyampaikan bahwa berdasarkan survei, kredibilitas lembaga penyiaran masih lebih tinggi dibandingkan dengan media sosial di era disrupsi. Sehingga di tengah gempuran informasi, kita harus bisa menjaga eksistensi lembaga penyiaran.

“Pemerintah Provinsi Jawa Timur ingin menjadi bagian support system agar lembaga penyiaran tetap dapat berdiri tegak di tengah era disrupsi,” kata Emil.

Ketua KPID Jawa Timur Immanuel Yosua Tjiptosoewarno mengatakan bahwa untuk menentukan Pemenang Anugerah Penyiaran, penjurian dilakukan oleh pihak internal KPID Jawa Timur dan juga pihak eksternal diluar KPID Jawa Timur.

“Untuk menjaga objektivitas, kami melibatkan sembilan juri dimana tiga juri dari internal KPID sementara enam juri dari luar KPID,” kata Yosua

Malam Puncak Anugerah Penyiaran KPID Jawa Timur ini turut dihadiri oleh Komisi Informasi (KI) Jawa Timur, Balai Monitoring (Balmon) Surabaya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Timur, Kodam V Brawijaya, Polisi Daerah (Polda) Jawa Timur, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur, KPID Bengkulu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI), dan Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jawa Timur.

Yosua berharap semua elemen yang ada di Jawa Timur dapat mengoptimalkan sinergi untuk membentuk iklim penyiaran yang semakin sehat.

Anugerah Penyiaran KPID Jawa Timur memperlombakan 9 kategori untuk lembaga penyiaran televisi dan 9 kategori untuk lembaga penyiaran radio. Secara keseluruhan, terdapat sebanyak 335 program siaran yang ikut berpartisipasi. Jumlah tersebut terdiri atas 135 program siaran dari lembaga penyiaran televisi dan 205 karya dari lembaga penyiaran radio.

Pengumuman pemenang Anugerah Penyiaran KPID Jawa Timur dilakukan pada Malam Puncak Anugerah Penyiaran Tahun 2023 berlangsung di LPP TVRI Jawa Timur yang diliput secara langsung oleh TVRI Jawa Timur dan disiarkan secara daring melalui akun Youtube TVRI Jawa Timur dan MMC Kominfo Jawa Timur.

Adapun pemenang Anugerah Penyiaran KPID Jawa Timur Tahun 2023 dari masing-masing kategori meliputi: 

Kategori Televisi

1. Program Wisata dan Budaya Terbaik: TVRI Jatim (Ingsun Gandrung)

2. Program Kebangsaan dan Demokrasi Terbaik: Kompas TV Surabaya (Pesta Demokrasi 2024)

3. Program Religi Terbaik: TV 9 Surabaya (Apa Kata Bu Nyai)

4. Program Talkshow Terbaik: JTV Kediri (Dialog Khusus – Puskesmas Pesantren II)

5. Program Berita Terbaik: JTV Malang (Kopi Manis Malang Raya – Berita Siswa Naik Perahu 6. 6. Presenter Talk Show Terbaik: iNews Jatim – Okky Arisandy

7. Program Siaran Lokal Terbaik: Trans 7 Surabaya (Warna Jawa Timur)

8. Program Siaran Inklusif Terbaik: TVRI Jawa Timur (Inspirasi Indonesia_Tak Lagi Terpasung)

9. Program Bahasa Daerah Terbaik: KSTV Kediri (Toga Episode Mengobati Batuk Pilek)

Kategori Radio

1. Program Wisata dan Budaya Terbaik: Radio Mayangkara Blitar (Sandiwara Radio Episode Ande Ande Lumut)

2. Program Kebangsaan dan Demokrasi Terbaik: Radio City Guide FM Malang (Realitas Episode Khittah Batu)

3. Program Religi Terbaik: Radio Mahardhika (Nuansa Rohani Muslim – Bersama Ustadz Muzaini)

4. Program Talkshow Terbaik: RRI Madiun (Dialog Madiun Raya Pagi Ini)

5. Program Unggulan Radio Komunitas Terbaik: Radio Komunitas Kaka FM Kediri (Ruang Mahasiswa Edisi 15 November 2023)

6. Program Unggulan Radio LPPL Terbaik: Radio Suara Pacitan (Pojok Inspirasi – Bajak Pasah, Ubah sampai jadi berkah)

7. Penyiar Talkshow Terbaik: Radio Pandowo FM Tulungagung (Ruang Keluarga Versi Membentuk Karakter Anak – Vera)

8. Program Siaran Inklusif Terbaik: RRI Surabaya Pro 1 (Surabaya Sore Ini Bincang Inspiratif – Sesuatu yang biasa menjadi luar biasa)

9. Program Bahasa Daerah Terbaik: RRI Sumenep (BRAMA (Berita Bahasa Madura) – 03 Maret 2023)

Selain memberikan apresiasi kepada lembaga penyiaran lokal, KPID Jawa Timur juga memberikan apresiasi kepada Khofifah Indar Parawansa sebagai Kepala Daerah Peduli Penyiaran Lokal dan Judy Djoko W. Tjahjo sebagai Lifetime Achievement di bidang penyiaran (CPS).***

About Okki Nila

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *