Warga Dusun Sumberurip, Barurejo, terdampak banjir imbas curah hujan yang cukup tinggi. Bahkan, mencapai pusar orang dewasa. (Foto. IKA)

BPBD Banyuwangi Petakan Empat Bencana Alam Berpotensi Terjadi di Banyuwangi

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Jawa Timur, memetakan empat  bencana alam berpotensi terjadi di daerahnya, pada musim penghujan.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi Eka Muharram, empat bencana alam itu  diantaranya bencana angin puting beliung, petir, banjir dan bencana tanah longsor.

Wilayah yang berpotensi terjadi banjir, kata Eka, ada  di delapan kecamatan dan 28 desa, diantaranya Kecamatan Wongsorejo, Kalipuro, Banyuwangi, Kabat, Rogojampi, Muncar, dan Pesanggaran.

“Sehingga masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaanya,” katanya.

Baca Juga. 1,6 juta Jiwa Penduduk Banyuwangi, Tidak Terdaftar Keanggotaan BPJS Kesehatan

Sedangkan potensi angin puting beliung, lanjut Eka, wilayah yang perlu waspada adalah kawasan dengan kontur tanah datar, mulai dari Kecamatan Glenmore, Tegalsari, Genteng, Gambiran, Cluring, Srono, Rogojampi, hingga Banyuwangi kota.

 Menurut Eka, jika didekat rumah ada pohon besar yang rindang dan rantingnya banyak, bisa ditebang. Sementara untuk kawasan yang rawan longsor merupakan wilayah yang berada di dataran tinggi.

“Seperti di Kecamatan Wongsorejo, Kalibaru, Licin, Pesanggaran dan Kecamatan Glagah,” ujarnya.

Baca Juga. Kembangkan UMKM Daerah, Pemkab Banyuwangi Gandeng Startup Digital

Berdasarkan, peringatan dini dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, pada bulan November 2017 seluruh wilayah Banyuwangi memasuki musim penghujan, bahkan cenderung cuaca ekstrim.

Menurut Prekirawan BMKG Banyuwangi Yustotok, diawal musim hujan ini potensi angin puting beliung dan terjadinya petir cukup tinggi.

HERMAWAN

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *