Universitas Ibrahimy Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo, Akan Tambah 10 Prodi

Universitas Ibrahimy Sukorejo Akan Tambah 10 Prodi Baru

Radiobintangtenggara.com, Situbondo–  Presiden Joko Widodo telah meresmikan perubahan status Institut Agama Islam Ibrahimy (IAII) Sukorejo, menjadi Universitas Ibrahimy (UNIB). Perubah status perguruan tinggi Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah ini, akan berdampak terhadap penambahan Program Studi (Prodi) baru.

Universitas Ibrahimy akan menambah sepuluh Prodi baru, terdiri dari enam Prodi rumpun eksakta dan empat Prodi rumpun sosial. Demikian diungkapkan Rektor IAII Prof. DR. Abu Yazid, kepada wartawan kemarin.

“Penambahan prodi  secara otomatis akan merubah struktur fakultas dan jurusan.  Jika mempertimbangkan efisiensi empat Fakultas Agama yang ada, bisa demarger menjadi satu Fakultas yaitu Fakultas Agama Islam (FAI),” ungkap Abu Yazid.

Meski demikian kata Abu Yazid, marger empat Fakultas Agama tersebut baru salah satu opsi saja. Bisa jadi, Empat Fakultas Agama yaitu Fakultas Syari’ah, Tarbiyah, Dakwah dan Fakultas Ekonomi-Bisnis Islam, tidak dimarger untuk menjaga eksistensi prodi agama di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo. Hanya saja akan kurang efisien.

Profesor bidang filsafat islam itu menambahkan, memang ada beberapa opsi terkait rencana perubahan Prodi dan akan dimatangkan bersama pihak yayasan. Penambahan Prodi akan berdampak pada restrukturisasi pimpinan, baik di tingkat Institut maupun akademik.  Sesuai ketentuan statuta dan peraturan perundang-undangan, restrukturisasi pimpinan sepenuhnya menjadi kewenangan Yayasan Pondok Pesantren.

“Kebutuan mendesak  yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan sarana dan prasarana perkuliahan serta laboratorium.  Selain itu, pemenuhan dosen baik dosen homebase maupun dosen rasio, sesuai jumlah penambahan prodi,” tambahnya.

Lebih jauh Abu Yazid menegaskan,  selain Fakultas Agama, Universitas Ibrahimy juga menyediakan fakultas-fakultas umum, diantaranya, Fakultas Sain dan Teknologi, Fakultas Sosial dan Humaniora, serta Fakultas Kesehatan.

ZAINI ZAIN

 

About Fareh Hariyanto

Check Also

Dankormar Tinjau Program Ketahanan Pangan di Puslatpurmar 5 Baluran

Radiobintangtenggara.com , Situbondo – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han)  …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *