Beranda News Lumajang Aksi Pungut Sampah, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Peduli Lingkungan

Aksi Pungut Sampah, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Peduli Lingkungan

118
0
Aksi Pungut Sampah, Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Peduli Lingkungan yang dilakukan Pemkab Lumajang. (Foto. Repro)

Radiobintangtenggara.com, LUMAJANG – Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Lumajang, Susiyanto, S.H., memimpin aksi pungut sampah dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018, di Alun-alun Lumajang, Minggu (11/3). Kegiatan tersebut diikuti oleh OPD di Lingkup. Pemkab Lumajang dan para aktivis lingkungan.

Kegiatan yang berbarengan dengan Car Free Day (CFD) tersebut mendapat perhatian banyak orang sehingga masyarakat yang sedang CFD di sekitaran Alun-alun Lumajang tergerak untuk turut berpartisipasi memungut sampah.

Sebelum pelaksanaan aksi, Asisten memberikan pengarahan kepada para peserta aksi. Ia menyampaikan kegiatan tersebut merupakan rangkaian HPSN 2018 yang sudah dilakukan mulai hari Jum’at (9/3/2018) yang lalu dengan kegiatan bersih kali asem.

Ia yakin bahwa masyarakat Lumajang bisa menjaga kebersihan, hanya saja perlu dilakukan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Kebersihan itu adalah sebagian dari iman, saya yakin tentunya teman-teman pasti memiliki kepedulian terhadap kebersihan lingkungan”, ujarnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini sampah di masyarakat sudah bervariatif, hal itu karena semakin banyaknya produk yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran masyarakat untuk bisa memilah sampah yang dihasilkan, minimal sampah organik dan non organik.

“Tentunya perlakuan masyarakat terhadap sampah harus diperhatikan, tidak hanya membuang sampah pada tempatnya, tapi juga diedukasi untuk memilah jenis sampah”, pungkasnya.

Dengan selogan “Lumajang wani resik, Lumajang sae”, Pemkab. Lumajang bertekad untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Lumajang untuk ikut serta dan berpartisipasi menciptakan Lumajang yang bersih.

Asisten Pemerintahan berharap kegiatan tersebut dapat merubah pola pikir masyarakat terhadap sampah. “Mari kita galakkan pemikiran bahwa sampah itu bukan masalah, bukan musibah, jadikan sampah menjadi hal yang barokah”, tegasnya.

SUPIANIK

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here