Kandang domba

Permintaan Domba Di Jember Meningkat Menjelang Idul Adha

Radiobintantenggara.com, Jember – Menjelang Hari Raya Idul Adha, para peternak kambing, sapi atau pun domba di Kabupaten Jember mulai kebanjiran pembeli. Seperti yang dialami Cholyubi Yusuf, seorang peternak domba di Desa Sumbersari, Jember.

Dirinya mengakui sejak minggu lalu, para pembeli mulai memesan dombanya baik secara pribadi maupun  lembaga. Pemesanan dari lembaga bahkan bisa mencapai ratusan ekor. Beberapa permintaan domba juga berasal dari beberapa wilayah di luar kota Jember, seperti Sragen dan Wonogiri Jawa Tengah, yang Jumlahnya juga mencapai ratusan ekor.

Cholyubi menerangkan, saat ini, dirinya masih memiliki persediaan seratus ekor domba untuk dijual. Namun, apabila kurang mencukupi ia akan mendatangkan domba dari beberapa daerah di Jember dan sekitarnya  seperti dari Desa Garahan, Rembangan, Sukorambi bahkan di Glenmore- Banyuwangi.

Ia menambahkan, biasanya waktu puncak ramainya pembeli domba yaitu H-7 idul adha. Harga domba dengan berat sekitar 25 kilogram dipatok mulai dari harga Rp 1,5 juta, sedangkan domba yang beratnya sekitar 60 kilogram dijual dikisaran harga Rp 3,5 juta rupiah. Jenis dombanya pun bervariasi mulai dari jenis persilangan seperti dormas, ekor gemuk dan lain-lain. Mayoritas para pembeli memilih domba yang dijual dikisaran harga Rp 2 juta sampai Rp2,5 juta.

SUPAINIK

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *