Beranda News Bondowoso SDM Petani Kopi Bondowoso Terus di Bina

SDM Petani Kopi Bondowoso Terus di Bina

29
0
Bupati Bondowoso Amin Said Husni

Radiobintangtenggara.com, Bondowoso – Pengembangan klaster kopi, sumber daya manusia terutama petani perlu terus dibina. kemampuan petani ini perlu dipantau untuk bisa menjaga suplai kopi.

Jangan sampai market ini yang mendikte petani. petani ini perlu dibina melalui pendampingan yang salah satunya dilakukan oleh bank indonesia. selain itu mengubah mindset petani ini paling krusial.

Bupati bondowoso, drs haji amin said husni, mengatakan, upaya mengubah mind set petani yang semula petani asalan, menjadi petani berorientasi pada kualitas. petani harus mulai berfikir, bertani adalah sebuah profesi.

Disamping itu, saat ini di setiap daerah di bondowoso, dicanangkan masyarakat peduli indikasi geografis dengan memberikan pengawasan dan pemahaman kepada petani, agar supaya pengembangan klaster kopi bisa dipertahankan.

Indikasi geografis kopi arabika sendiri terletak di java ijen raug dan argopuro. untuk di java ijen raug luas lahan 13.636 hektar, dan 9.297 hektare menghasilkan kopi dengan total produksi sebesar 3.061 ton.

Ada 44 kelompok tani yang tersebar di kecamatan ijen, sumberwringin, tlogosari, cermee dan botolinggo. sementara di argopuro luas lahannya 825.12 hektare dengan produksi 247 koma 54 ton.

Terdapat 5 kelompok tani yang tersebar di kecamatan pakem, maesan dan grujugan, dan masih akan terus dikembangkan. pemerintah kabupaten bondowoso gencar melakukan pengembangan klaster kopi sebagai gerakan botanik.

Gerakan ini sudah mulai dilaksanakan sejak 2014 lalu, bupati amin menambahkan, pengembangan klaster-klaster organik yang ada di bondowoso itu sebagai terobosan daerah dan langkah untuk menggali potensi ekonomi lokal.

MOHAMAD ANSORI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here