Jember

Ingin Mencoblos di Luar Domisili, Masyarakat Harus Mengurus Pindah Pilih

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya di luar domisili dalam Pemilu 2019 mendatang, sebaiknya segera  melakukan pindah pilih untuk menjadi pemilih daftar tambahan (DPTb). Batas pendaftaran DPTb ini hanya sampai 17 Februari 2019 mendatang.

Seperti yang dilakukan mahasiswa asal Kabupaten Lumajang yang saat ini berdomisili di Kabupaten Jember, Sri Sofiyah dirinya mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember untuk mengurus form A.5 atau formulir pindah pilih.

Sri Sofiah menjelaskan, dirinya sudah dua kali mengurus pindah pilih karena Mahasiswi asal Lumajang ini ingin menggunakan hak pilihnya di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, Sri mengurus form A5. “Persyaratannya cukup  hanya dengan membawa KTP saja,” katanya.

Komisioner KPU Jember Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Achmad Hanafi menjelaskan, pihaknya akan melayani pendaftaran DPTb sampai 17 Februari 2019. Ia menerangkan, sejauh ini lebih banyak pemilih yang mengurus pindah pilih ke luar Kabupaten Jember dibandingkan sebaliknya. Dari pemilih yang mengurus DPTb, pihaknya akan menghapus DPT yang bersangkutan kemudian akan mengirim datanya ke KPU yang dituju.

Hanafi menghimbau agar masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya di luar domisili, sebaiknya segera melakukan pindah pilih. Pengurusannya bisa dilakukan di TPS setempat, KPU  setempat atau KPU tujuan. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan kebutuhan logistic yaitu surat suara agar tidak terjadi kekurangan.

Data dari KPU Jember menyebutkan, hingga tercatat ada sebanyak 58 pemilih yang mengurus form pindah pilih ke luar Kabupaten Jember. “Sedangkan pemilih yang masuk ke Kabupaten Jember sebanyak 45 pemilih,” ujarnya.

SUPIANIK

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top