Mahasiswa protes karena tidak bisa mengurus pindah memilih. (Foto : Istimewa/RBT)

Puluhan Mahasiswa di Jember Tidak Bisa Mengurus Pindah Memilih

Radiobintangtenggara.com, Jember – Puluhan mahasiswa yang akan mengurus form A 5 atau pindah memilih di Kabupaten Jember, harus pulang dengan tangan hampa. Pasalnya, pengurusan pindah memilih khusus bagi mahasiswa di KPU Jember telah berakhir Selasa, (9/4/2019) kemarin.

Salah satu mahasiswa Universitas Jember asal Ponorogo Sarwendah mengatakan, beberapa minggu lalu sudah mendapatkan kabar kalau mengurus pindah memilih di perpanjang hingga tanggal (10/4/2019). Namun ternyata untuk mahasiswa waktunya pengurusannya telah berakhir Selasa kemarin.

Ia mengaku kecewa, karena tidak ada sosialisasi sebelumnya, sehingga membuat ketidaktahuan mahasiswa seperti dirinya yang akan mengurus pindah memilih.

Sarwendah menerangkan, kalau ia tidak bisa mengurus pindah memilih maka dengan terpaksa ia tidak akan memilih atau golput. Hal ini karena dirinya sudah tidak bisa pulang ke Ponorogo, akibat jadwal kuliahnya yang padat.

Hal yang sama juga dialami puluhan mahasiswa lain. Mereka yang tidak bisa mengurus pindah memilih ini, sempat meluapkan kekecewaan dengan membuat aksi saling dorong didepan kantor KPU Jember hingga menimbulkan sedikit keributan.

Namun, petugas kepolisian yang ditugaskan di kantor KPU Jember dan petugas keamanan KPU langsung melakukan pengamanan hingga keributan berhasil diatasi..

Sementara itu, Komisioner KPU Jember Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Rima Diana Puspita menjelaskan, Rabu (10/4/2019) pihaknya menerima Surat Edaran dari KPU RI tentang pengurusan form A.5. Dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan pelayanan pindah memilih hingga H-7 pencoblosan hanya diberikan kepada kelompok masyarakat  yang sudah terkategori. Yakni, pasien yang dirawat di Rumah Sakit, masyarakat korban bencana alam, Pegawai yang dinas di Hari H Pencoblosan dan Narapidana di tahanan. Untuk mahasiswa tidak masuk kategori tersebut, dan berdasarkan Surat Edaran yang diterima KPU Jember masa pengurusan pindah memilih telah berakhir pada Selasa (9/4/2019) kemarin. (*)

Muhajir Efendi

About admin

Check Also

Pelanggan yang mengambil Voucher untuk peringatan Hari Pahlawan. (Foto. Fareh Hariyanto)

KAI Tambah Daftar Profesi untuk Dapat Naik Kereta Api Gratis di Momen Hari Pahlawan

Radiobontangtenggara.com, JEMBER – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah daftar profesi yang berhak mendapatkan voucher …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *