Jember

Kembali Beroperasi, Penerbangan di Bandara Jember Masih Sepi

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Layanan penerbangan di Bandara Notohadinegoro Jember kembali berjalan. Terhitung sejak 10 Juni 2020, penerbangan Wings Air rute Jember-Surabaya PP tersedia tiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bandara Notohadinegoro, Edy Purnomo, mengatakan, penerbangan 3 kali dalam seminggu ini berlaku hingga 30 Juni 2020. Kemudian untuk selanjutnya, pihak Wings Air akan mengevaluasi, apakah tetap dijadwalkan seminggu tiga kali, atau bisa juga ditambah dan dikurangi.

Edy menjelaskan, sebenarnya layanan Bandara Notohadinegoro Jember tidak pernah tutup, hanya saja tidak ada jadwal penerbangan. Karena Wings Air yang merupakan satu-satunya maskapai yang melayani penerbangan dari dan menuju Jember menutup operasinya sementara saat masa pandemi Covid-19.

Meski sudah dibuka kembali sejak Rabu lalu, Edy mengaku belum ada pesawat yang diberangkatkan, akibat sepinya penumpang. Untuk okupansi maksimum, pesawat perintis seperti jenis ATR, sesuai dengan peraturan terbaru, bisa diisi sebanyak kapasitas kursi maksimum. Berbeda dengan pesawat wide body seperti jenis Boeing yang hanya bisa diisi 70% dari total kursi yang tersedia.

Edy menambahkan, sesuai dengan protokol kesehatan, penumpang diwajibkan membawa persyaratan. Salah satunya, hasil rapid test sebagai dokumen tambahan ketika akan bepergian menggunakan pesawat. Di Bandarapun, para penumpang akan dicek kembali, memastikan aman untuk terbang.

SUPIANIK 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top