Himbauan dari PLN agar memperhatikan jarak aman pernak pernik kemerdekaan. (Foto. Dokumen PLN)

PLN Minta Masyarakat Hati-hati Saat Pilih Lokasi Umbul-umbul

Radiobintangtenggara.com, MUNCAR – Jelang pelaksanaan peringatan proklamasi kemerdekaan RI  pada bulan Agustus, PLN mengimbau masyarakat untuk memerhatikan jarak aman pemasangan umbul-umbul, bendera, lampu hias hingga spanduk dengan jarak bebas minimal 3 meter dari jaringan listrik.

Antoni Aldila, Manager  PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muncar mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya saat menyambut kemerdekaan RI banyak ditemukan aktivitas masyarakat yang melakukan pemasangan umbul-umbul, bendera, lampu hias hingga spanduk sepanjang jalan di Banyuwangi.

Pihaknya khawatir jika tidak memerhatikan jarak aman akan berdampak pada gangguan jaringan listrik dan membahayakan keselamatan masyarakat. Sebagai salah satu upaya non teknis yang dilakukan sebagai antisipasi terhadap gangguan jaringan listrik ialah dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait pemasangan umbul-umbul.

“Kami tidak melarang tapi mengingatkan agar selalu memperhatikan jarak aman, dengan jarak bebas minimal 3 meter dari jaringan listrik,” katanya saat mengudara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Selasa, (04/08).

Antoni menjelaskan pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan mendatangi dan memberi imbauan keselamatan ketenagalistrikan tentang jarak bebas dan ruang bebas minimal jaringan listrik terhadap obyek benda lain.

Sebagai tindakan pencegahan langsung di lapangan, PLN akan menerjunkan tim untuk melakukan inspeksi potensi bahaya jaringan listrik dari pemasangan umbul-umbul, bendera, lampu hias hingga spanduk di jalur utama distribusi listrik ULP Muncar.

“Jika ditemukan potensi bahaya, kami akan mengambil tindakan penertiban dan edukasi kepada masyarakat terkait,” ujarnya.

Fareh Hariyanto

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *