Banyuwangi

Banyuwangi Sabet 4 Penghargaan Dari Ajang TRISAKTI TOURISM AWARD 2021.

Radiobintangtenggara.com, Banyuwangi– Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terima penghargaan dari ajang Trisakti Tourism Award 2021, kali ini 4 penghargaan berhasil diraih dari ajang yang delopori oleh DPP PDI perjuangan guna mengapresiasi potensi pariwisata yang dimiliki desa di Indonesia.

4 penghargaan tersebut terdiri dari beberapa kategori diantaranya, penghargaan sebagai kabupaten yang mampu memimpin daerahnya secara konsisten menjaga Cagar biosfer Indonesia, kategori Special Recognation, kemudian Desa Tamansari yang duduk sebagai juara 1 pada kategori desa wisata alam, dan Desa Kemiren menjadi juara 2 kategori Desa Wisata Berbasis Budaya, serta juara 2 yang diraih Desa Bangsring dalam kategori desa wisata berbasis kreatif.

Sebelumnya kompetisi bergengsi tersebut, diikuti sebanyak 242 Desa wisata jempolan di Indonesia dan  diadu seluruh potensi pariwisatanya, untuk dipilih serta diberi penghargaan dengan beberapa kategori.

M Yanuarto Bramuda selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata pada Jumat, (27/08/2021) mengatakan, selamat atas prestasi yang diraih, kabupaten Banyuwangi serta kepada desa wisata yang menang, “semoga menjadi motivasi bagi desa wisata lain untuk terus maju,” katanya. (27/8/2021).

Bramuda menambahakan, mengenai desa wisata, struktur komplit yang dibarengi kapasitas dan kearifan lokal masyarakat setempat, ternyata mampu menyatu dengan pengetahuan baru dari para wisatawan.

Masih Bram, dengan adanya desa wisata masyarakat mampu mendongkrak pemasukannya seperti, menjadi penyedia jasa, atau bekerja di wisata tersebut, membuat kerajinan untuk deperjualbelikan kepada wisatawan, memasak kuliner lokal, hingga menyediakan kamar bagi para wisatawan, “hal inilah yang menjadikan Banyuwangi sebagai wisata berbasis kearifan lokal” ujarnya.

Mengenai hasil prestasi desa wisata saat ini, pihak Bram berharap pasca pandemi Covid-19, desa wisata bisa menjadi cara baru mempercantik wajah pariwisata Bumi Blambangan.

“Sehingga kedepan Desa wisata akan menjadi trend baru berwisata setelah pandemi,” ujarnya.

Jurnalis: Andika Yoga

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top