Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Jakarta (Foto. Istimewa)

Jelang Selancar Paling Bergengsi Dunia, Bupati Ipuk Temui Menteri Sandi

Radiobintangtenggara.com, JAKARTA – Ajang selancar internasional paling bergengsi di dunia, World Surf League (WSL) Championship Tour, akan digelar di Pantai Plengkung (G-Land) Banyuwangi 28 Mei – 06 Juni 2022.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kamis (12/5/2022), untuk menyukseskan event dengan social media engagament terbesar ajang olahraga dunia tersebut.

“Tadi bareng Pak Sandiaga Uno kita bahas detil beberapa program yang bisa mendukung ajang selancar dunia ini. Menparekraf sangat mendukung konsep yang memadukan pariwisata dan olahraga ini, sport tourism, untuk menggerakkan ekonomi lokal,” ujar Bupati Ipuk.

Ipuk menambahkan, bahwa Banyuwangi terus mengembangkan sport tourism. Sebelumnya, Banyuwangi sendiri telah menggelar kejuaraan balap sepeda internasional, International Tour de Banyuwangi Ijen selama delapan tahun berturut-turut yang telah menjadi kalender resmi Persatuan Sepeda Dunia (UCI).

Juga kejuaraan internasional sepeda BMX selama empat tahun. Semua ajang internasional yang digelar di Banyuwangi selalu mendapat nilai ekselen dari otoritas terkait di dunia. “Dengan pengalaman Banyuwangi menjadi tuan rumah ajang sport tourism kelas dunia seperti Tour de Ijen, kita akan menyukseskan ajang selancar WSL ini untuk menjadi milestone baru bagi Banyuwangi, khususnya untuk mendorong pemulihan pariwisata,” ujar Ipuk.

Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan dukungan penuhnya pada ajang WSL. “Ini top. Indonesia dalam hal ini di Banyuwangi akan melaksanakan WSL Championship Tour, ini semacam piala dunianya para surfer top dunia. Kita akan all out dukung event ini. Karena ini akan membangkitkan pariwisata Indonesia, menggeliatkan ekonomi nasional,” kata Sandiaga. 

“Ayo saksikan WSL, kita saksikan ombak kiri G-Land yang terkenal, salah satu yang terbaik di dunia. Sampai jumpa di G-Land,” ajak Sandiaga. 

WSL Championship Tour 2022 digelar di sejumlah pantai terpilih, sejak Januari 2022 dan bakal berakhir Agustus 2022. Di antaranya di Hawaii, Australia, Amerika Serikat, Banyuwangi (Jawa Timur, Indonesia), Brazil, Afrika Selatan, Portugal, dan Tahiti. 

Pantai Plengkung (G-Land) memang dikenal sebagai surga bagi peselancar dunia. Dengan ketinggian ombak 6-8 meter dan panjang 2 kilometer, pantai ini menjadi destinasi impian para peselancar di seluruh dunia. 

Ombaknya masuk kategori salah satu terbaik di dunia. Gelombang di G-Land seringkali dapat membentuk tabung air yang hampir sempurna, di mana foto aksi peselancar di dalamnya kerap viral di berbagai belahan dunia. (Far/RBT)

About Fareh Hariyanto

Check Also

Ke Banyuwangi, Presiden Jokowi: BLT El Nino Untuk Tingkatkan Daya Beli Masyarakat

BINTANG TENGGARA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Rabu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *