Banyuwangi

ASDP Ketapang Tunda Penyebrangan Akibat Cuaca Buruk

Antrian kendaraan di sekitaran ASDP Ketapang pasca penundaan penyebrangan. (Foto. Istimewa)

Antrian kendaraan di sekitaran ASDP Ketapang pasca penundaan penyebrangan.

Radiobintangtenggara.com, KALIPURO – Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk yang sempat ditutup karena angin kencang dan ombak tinggi. Sebelumnya kendaraan pengguna jasa penyeberangan sempat menunggu hingga lima jam di areal parkir Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi.

Informasi yang berhasil dihimpun dari Stasiun Meterologi Kelas III Banyuwangi, cuaca buruk berupa angin kencang terjadi sejak siang, kecepatan angin di Perairan Selat Bali mencapai 29-32 knot per jam. Hal itu membuat kapal yang berlayar kesulitan untuk sandar.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi, AKP Ali Masduki mengatakan otoritas pelabuhan menutup sementara aktifitas penyeberangan karena dapat membahayakan bagi kapal untuk berlayar.  “Penyeberangan di Pelabuhan Ketapang ditutup sementara sejak pukul 11:45 WIB,” katanya.

Imbas cuaca buruk ini membuat sejumlah kapal yang beroperasi ditunda keberangkatannya. Puluhan kendaraan yang hendak naik kapal tertahan di kantong-kantong parkir pelabuhan, menunggu cuaca membaik.

Perkembangan cuaca berangsur normal memasuki sore hari.  Sekitar pukul 17:00 WIB, pelabuhan kembali dibuka untuk layaban penyebrangan. Puluhan kendaraan yang sebelumnya sempat tertahan dan antre di pelabuhan, secara tertib masuk kapal.

“Kami bersama Satlantas membantu melakukan pengaturan arus lalu lintas agar tak terjadi kemacetan. Saat ini, kendaraan sudah mulai loading masuk kapal,” pungkasnya. (Nik/RBT)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top