Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau arus balik di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu (752022). Bersama dengan Kapolda Jatim Kombes Irjen Pol Nico Afinta dan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jatim

Forkopimda Jatim Pantau Arus Balik di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi

Radiobintangtenggara.com, KETAPANG – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau arus balik di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Sabtu (7/5/2022). Bersama dengan Kapolda Jatim Kombes Irjen Pol Nico Afinta dan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jatim, Marsma TNI Rudy Iskandar menengok langsung akses penyeberangan dari Jawa ke Bali tersebut.

“Kami, forkopimda Jatim, melakukan monitoring pada saat mudik di perbatasan Ngawi dan sekarang melakukan pemantauan arus balik di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi,” ungkap Khofifah.

Dalam pantauannya, menurut Khofifah, arus balik terlihat cukup lancar. Hal tersebut dikarenakan adanya manajemen transportasi yang baik. “Sudah ada online ticketing, mempermudah penumpang. Tidak lagi mengantri,” terang Khofifah.

Selain itu, imbuh Khofifah, juga ditambahkan bridge dan mobile bridge untuk mempermudah akses para penumpang. “Baik penumpang yang menggunakan sepeda motor, kendaraan pribadi, kendaraan umum maupun pejalan kaki dapat dengan cepat menuju ke kapal,” ungkap Khofifah.

“Ini menjadi bagian penting manajemen angkutan. Semua tertata dengan baik, well-managed. Sehingga memperlancar perjalanan warga,” imbuhnya. 

Khofifah juga menyempatkan menyapa para penumpang saat di pelabuhan. “Jangan lupa menggunakan masker,” kata Khofifah saat berbincang dengan Uswatun Hasanah, salah satu penumpang KMP Pratita IV yang akan menuju ke Bali.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau arus balik di Pelabuhan Ketapang bersama dengan Kapolda Jatim Kombes Irjen Pol Nico Afinta dan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jatim.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau arus balik di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Bersama dengan Kapolda Jatim Kombes Irjen Pol Nico Afinta dan Kepala BIN Daerah (Kabinda) Jatim. (Foto. Istimewa)

Uswatun yang asal Kendal bersama keluarganya akan berangkat liburan ke Bali. “Alhamdulillah, perjalanannya lancar dari rumah sampai Banyuwangi ini. Kebetulan suami boleh ambil cuti setelah Lebaran. Jadi kita liburannya sekarang,” jelas Uswatun. 

Sementara itu, Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah yang turut mendampingi kunjungan itu menyebutkan, pihak Pemkab Banyuwangi sendiri melakukan sejumlah langkah preventif untuk memastikan proses mudik dan arus balik berjalan dengan lancar.

“Bersama dengan TNI dan Kepolisian, kita membuka sejumlah pos pantau di pintu-pintu masuk Banyuwangi. Juga melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas di sejumlah titik yang memungkinkan terjadinya keramaian. Sehingga tidak menimbulkan kemacetan,” ungkap Sugirah.

Dalam kunjungan ke Pelabuhan Ketapang tersebut, Khofifah juga membagikan tali asih ke sejumlah petugas yang bertugas selama mudik dan arus balik. Mulai dari kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Tagana, PMI dan sejumlah pihak lainnya. (Far/RBT)

About Fareh Hariyanto

Check Also

KAI Daop 9 Jember ‘Jangan Berada di Jalur kereta api, Berbahaya!’

BINTANG TENGGARA – Pada pukul 03.40 WIB masinis kereta api Wijayakusuma relasi Cilacap – Jember …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *