Banyuwangi

Kunjungi Banyuwangi, Menkop UKM Dorong Petani Kehutanan Sosial Bentuk Koperasi

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Rangkaian kunjungan kerjanya ke Banyuwangi, Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) RI, Teten Masduki, berdialog dengan para petani Program Kehutanan Sosial. Kegiatan itu digelar di aula Universitas 17 Agustus Banyuwangi, Jumat (02/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Teten mendorong agar petani Program Kehutanan Sosial di Banyuwangi mulai bertani dengan skala ekonomis guna meningkatkan kesejahteraannya. Untuk itu, petani didorong agar mulai berkoperasi sehingga mampu meningkatkan hasil pertanian hingga pemasaran komoditasnya.

Kehutanan Sosial merupakan program prioritas nasional, dengan skema Izin Pemanfaatan Perhutanan Sosial (IPHPS) dan Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (KULIN KK). Program ini memberi izin atau hak kelola kelompok masyarakat di dalam dan sekitar kawasan hutan, yang berada di bawah pengawasan Perhutani selama 35 tahun, hingga seluas maksimal 2 hektare per kepala keluarga (KK).

Salah satu cara yang disarankan Teten adalah lewat pembentukan koperasi. Sebagaimana yang dilakukan para petani di sejumlah negara lain untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sebab dengan koperasi, petani akan bekerjasama menghasilkan komoditi pertanian yang bisa memenuhi pasar. Selain itu, dengan koperasi juga, petani akan lebih mudah mengakses permodalan dari perbankan.

Muhammad Handoyo

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top