Banyuwangi

BMKG Banyuwangi Sampaikan Potensi Cuaca Ekstrem

Radiobintangtenggara.com, BANYUWANGI – Peringatan dini potensi hujan disertai dengan kilat di seluruh wilayah Kabupaten Banyuwangi disampaikan Badan Miterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwang.

Ibnu Haryo, Prakirawan BMKG Banyuwang mengatakan pada Minggu 1 November 2020, potensi hujan disertai kilat akan terjadi pada siang dan sore hari masih dimungkinkan terjadi. Untuk wilayah Banyuwangi selatan diperkirakan pada dini hari berawan, lalu pada sore hari akan turun hujan dengan intensitas sedang dan malam hari turun hujan dengan intensitas ringan.

Perihal adanya angin kencang dan hujan deras pada Jum’at 30 Oktober 2020 pihak BMKG menyampaikan bahwa adanya hal tersebut merupakan dampak dari adanya La nina. Kondisi La Nina dapat berlangsung dengan durasi selama beberapa waktu kedepan.

Hal tersebut disebabkan akibat perubahan di Samudera Pasifik berupa interaksi laut dan atmosfer (La Nina/El Nino) terjadi dalam siklus antar tahunan dikenal sebagai El Nino-Southern Oscillation (ENSO) dengan perulangan kejadian 2-8 tahun.

Ibnu menambahkan La Nina berdampak pada peningkatan curah hujan di Pasifik barat Indonesia. Hal ini menyebabkan curah hujan dan angin kencang yang tinggi di sebagian pantai selatan Jawa. BMKG meminta warga mewaspadai adanya potensi peralihan masa dan kemungkinan bencana hedrometrologi.

Fareh Hariyanto

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top