Jember

Mulai Beralih ke Daring, PT KAI Tutup Beberapa Layanan Loket

Radiobintangtenggara.com, JEMBER – Sebagai upaya pencegahan persebaran Covid-19, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Jember menutup layanan loket dibeberapa stasiun per 1 Januari 2021. Hal tersebut dilakukan sesuai aturan PM No 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Dalam Rangka Pencegahan Persebaran Corona Virus Disease 2019.

Pelaksana Harian (Plh) Manajer Humas Daop 9 Jember, Raditya Mahardika menyatakan stasiun Jatiroto Lumajang, Stasiun Arjasa Jember, Stasiun Glenmore dan Sumberwadung Banyuwangi. Meski demikian, PT KAI Daop 9 Jember menegaskan, stasiun tersebut masih melayani penumpang.

“Pembelian tiket dialihkan ke sistem daring melalui KAI Access,” katanya saat menguara di FM 95,6 Bintang Tenggara Banyuwangi. Jum’at (01/01)

Menurut Radit, tidak hanya sebagai upaya pencegahan persebaran virus, pelayanan itu juga sebagai bentuk sosialisasi pembelian tiket melalui saluran daring. Ia menjelaskan, proses pemesanan khusus untuk tiket kereta api lokal dilakukan mulai H-7 sampai dengan 10 menit sebelum keberangkatan.

Nanti, di stasiun keberangkatan penumpang bisa melakukan boarding secara mandiri. Caranya dilakukan dengan memindai kode batang dan menunjukkan identitas ke petugas. Radit menambahkan di tengah pandemi pihaknya terus mengupayakan pencegahan kerumunan penumpang menjadi fokus utama. PT KAI juga menerapkan aturan maksimal 70 persen penumpang untuk kereta api jarak jauh maupun kereta api lokal.

PT KAI menerapkan kebijakan baru menutup loket penjualan tiket di beberapa stasiun sejak 1 Januari 2021. Nantinya sejak 1 Januari 2021, beberapa stasiun di bawah naungan DAOP 9 sudah tidak melayani penjualan tiket di loket stasiun. “Hanya 13 stasiun yang masih melayani penjualan tiket Go-Show,” ujarnya.

Mulai 1 Januari, beberapa stasiun di wilayah Daop 9 sudah tidak melayani pembelian melalui loket, hanya 13 stasiun yang melayani penjualan tiket Go-Show, 3 jam sebelum keberangkatan.Ke-13 stasiun tersebut di antaranya stasiun Pasuruan, Probolinggo, Klakah, Tanggul, Rambipuji, Jember, Kalisat, Kalibaru, Kalistail, Temuguruh, Rogojampi, Banyuwangi Kota dan Ketapang.

Fareh Hariyanto

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top